[Lifestyle] 5 Cara Hidup Hemat


Hidup di kota besar seperti Beijing akan memakan biaya yang cukup besar. Sebagai seorang mahasiswa/i yang merantau harus pandai – pandai menghemat uang selama kuliah. Tetapi, kendala untuk mengatur uang bulanan menjadikan mahasiswa/i susah untuk berhemat. Kali ini Permit akan memberikan Permiters 5 cara hidup hemat di beijing. Check it out guys!

 

1. Membuat catatan

Sering sekali terdengar ucapan “Kok uang udah abis aja ya? Padahal tadi baru aja ambil duit dari ATM!”. Pasti sebagian besar dari kalian juga pernah mengatakan hal itu bukan?

Untuk mencegah hal itu terjadi sebaiknya biasakan untuk membuat catatan disetiap transaksi yang kalian lakukan. Langkah tersebut dilakukan guna membuat pengeluaran menjadi lebih efektif. Utamakan mencatat pengeluaran untuk kebutuhan pokok atau sehari-hari lalu sediakan anggaran untuk kebutuhan-kebutuhan tersebut. Dengan begitu, penggunaan uang perbulannya akan lebih terkendali.

CatatanKecil

 

2. Masak sendiri

Mungkin memasak bisa jadi sangat merepotkan. Banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk memasak dan waktu yang dipakai untuk membeli bahan. Tetapi, banyak sekali keuntungan yang didapatkan melalui masak sendiri. Selain kepastian kesegaran bahan-bahan yang dipakai untuk memasak, kita juga dapat mengatur takaran minyak yang digunakan saat memasak. Memasak sendiri terbukti lebih sehat dan lebih hemat dibanding wai mai atau makan diluar. Usahakan untuk membeli bahan-bahan masak di pasar terdekat dan usahakan untuk tawar menawar.

masak-sendiri

 

3. Bawa uang secukupnya

Berpergian dengan membawa uang yang lebih akan membuat kalian tergiur untuk membeli banyak barang. Tips untuk menghindari hal ini, yaitu dengan cara membawa uang secukupnya saat berpergian. Bila kalian merasa tidak cukup dengan uang yang ada di dompet, biasakan lah. Dengan begitu, kalian akan terbiasa menggunakan uang yang ada di dompet dengan efisien.

3455511-hand-holding-chinese-money-rmb-banknotes-putting-money-into-wallet

 

4. Gunakan bis atau MRT sebagai transportasi

Biasakanlah untuk menggunakan bis atau MRT sebagai alat transportasi saat berpergian di sekitar Beijing. Mungkin kalian akan berpikir bahwa bis dan MRT adalah trasportasi yang sangat merepotkan sehingga kalian lebih memilih untuk berpergian menggunakan taksi. Tetapi, dengan menggunakan MRT kalian hanya perlu mengeluarkan 2 kuai dan hanya dengan 1 kuai dengan menggunakan bis untuk sampai ketempat tujuan. Sedangkan, kalian harus mengeluarkan minimal 13 kuai untuk berpergian dengan menggunakan taksi. Selain hemat, MRT merupakan transportasi anti-macet. Jadi sebaiknya pikir-pikir lagi yah sebelum kalian ingin menggunakan taksi sebagai alat transportasi!

beijing-subway-flickr-alexander-savin

 

5. Kumpulkan uang kecil

Jangan takut repot jika diberikan kembalian dengan uang kecil oleh penjaga kasir, karena sesungguhnya menabung dapat dimulai dengan cara mengumpulkan uang kecil. Biasakan untuk tidak menaruh uang kecil sembarangan dan kumpulkan uang kecil (1 kuai, 5 mao, 1 mao) pada 1 tempat. Seiring dengan berjalannya waktu, kalian akan melihat uang yang kalian tabung semakin banyak dan ini membuat kalian menjadi semakin semangat untuk menabung. Dan biasakan untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

96celengan

Sekian beberapa tips yang dapat dipraktekan agar kalian dapat hidup hemat di Beijing. Semoga tips-tips ini dapat berguna untuk kalian semua! salam PERMIT!

Salam PERMIT – PPI Tiongkok cabang Beijing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *