Indonesia Bawa Pulang 6 Medali di Beijing Asean Students Games 2018


 

 

Beijing, RRT – Beijing ASEAN Student’s Games (BASG) yang ke 4 telah usai dilaksanakan, atlit Indonesia berhasil membawa pulang 6 medali dalam closing ceremony pada Minggu, 18 November 2018 di Beijing Language Culture University (BLCU).

Lebih dari 800 atlit yang sedang menempuh pendidikan di Tiongkok mengikuti kompetisi bergengsi ini. Atlit-atlit tersebut berasal dari Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Tahun ini BASG terdiri dari 7 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, diantaranya sepak bola, bola basket, bola voli, badminton, tenis meja, billiards, dan atletik. Atlit Indonesia berpatisipasi dalam semua cabang olahraga tersebut.

 

 

Satu medali emas pertama untuk Indonesia telah direbut oleh tim bola basket putra pada Minggu, 11 November 2018 yaitu dengan memenangkan pertandingan atas Thailand dengan skor tipis 37:36. Sedangkan tim basket putri ikut menyumbang medali perunggu dengan skor 17:13 melawan tim dari Malaysia.

“Tentu saja kami sangat senang Tim Indonesia dapat membawa pulang medali emas, saya sangat bersyukur mempunyai tim ini. Kami berlatih bersama, bekerja keras bersama, meraih mimpi bersama, dan terakhir menjadi pemenang bersama-sama. Saya tidak bisa menjelaskan lagi betapa bahagianya saya”. Ujar salah satu anggota tim Basket, Patrick Russel.

Hingga beberapa hari terakhir menjelang closing ceremony, Indonesia terus menambah pundi-pundi medali. Dalam lari jarak 100m dan 1500m, kontingen Indonesia merebut juara pertama lari jarak 1500m baik putra maupun putri. Tidak hanya itu, Indonesia juga memenangkan juara ke tiga dalam lari jarak 100m untuk putri.

 

 

Dalam laga final sepak bola, Merah Putih kembali mendapat sumbangan medali  dalam memenangkan pertandingan melawan Laos. Namun pertandingan berakhir dengan skor 4:5, sehingga tim sepak bola Indonesia berada di posisi kedua dan mendapat medali perak.

Jika ditotal Indonesia berhasil mengumpulkan  2 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu dalam kompetisi yang diadakan setiap dua tahun sekali ini.

“Terimakasih kepada seluruh atlit Indonesia untuk kerja kerasnya! Meskipun persiapan hanya dalam waktu yang terbatas, delegasi Indonesia telah melakukan yang terbaik di BASG 2018.” Kata Melvin Suhanto Ketua Perhimpunan Mahasiswa Indonesia Tiongkok (Permit) di Beijing.

BASG yang dipelopori oleh University of International Business and Economics (UIBE) sejak tahun 2012 lalu memiliki misi untuk mempererat hubungan mahasiswa ASEAN yang sedang menempuh pendidikan di Tiongkok dalam semangat sportifitas.

 

 

 

 

 

(Penulis : Audrey Melania, Titi Rahmatul

Editor : Yasinta Chika )

 

 

Salam PERMIT Beijing – PPIT Cabang Beijing.

www.permitbeijing.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *