Kuliner Pedas Indonesia Menyapa Beijingers


BEIJING – Politik kuliner dan diplomasi di atas meja makan nampaknya sudah tak asing lagi dilakukan oleh suatu negara. Presiden Obama adalah salah satu pemimpin negara yang paling sering menggunakan diplomasi ini. Dikutip dari buku ‘Becoming : Michelle Obama‘, Michelle menceritakan bahwa suaminya, Barack Obama pernah menjamu Presiden Rusia Medvedev untuk bernegosiasi soal nuklir sambil menyantap Cheese Burger  di Arlington, Virginia pada 2010 lalu.

 

Tidak bisa dipungkiri diplomasi di atas meja makan memang terasa lebih efektif. Dalam dunia politik, ada istilah culinary diplomacy. Diplomasi kuliner adalah cabang diplomasi yang mengkaji bagaimana makanan bisa digunakan sebagai alat untuk membangun hubungan antara negara, kerja sama, juga alat untuk mencapai perdamaian.

 

Dengan menggandeng  Chef Made Kartayasa dari Ritz Calton Hotel Bali, KBRI Beijing bekerjasama dengan St. Regis Hotel, Beijing dan didukung oleh Perusahaan Kapal Api serta Yan Ty Ty menyelenggarakan Festival Kuliner Indonesia “Flavours of Indonesia : The Kingdom of Spices” selama sepekan yaitu pada tanggal 18-24 Maret 2019.

 

Duta Besar Indonesia – Tiongkok, Djauhari Oratmangun membuka acara Festival Kuliner Indonesia

 

Pembukaan festival kuliner pada Senin, 18 Maret 2019 malam ini  dihadiri oleh Duta Besar Indonesia – Tiongkok, Djauhari Oratmangun dan perwakilan negara-negara ASEAN termaksud diantara para tamu undangan yang berasal dari kalangan perwakilan asing di Beijing serta dua puluhan media lokal.

 

10 New Bali

 

Festival kuliner ini memang dimanfaatkan untuk mempromosikan ”10 New Bali”, yaitu menghadirkan kuliner dari berbagai tujuan wisata utama Indonesia yang terkenal dengan cita rasa pedasnya. Tujuannya adalah agar masyarakat Tiongkok semakin mengenal tujuan wisata Indonesia selain Bali.

 

Sanggar Permit Beijing berfoto bersama setelah selesai acara

 

Tidak hanya ajang pamer kuliner, acara ini juga sekaligus sebagai ajang menampilkan keragaman kekayaan budaya Indonesia salah satunya lewat tarian daerah. Sanggar Permit Beijing membawakan  dua tarian daerah yaitu Tari Topeng Kreasi ‘Lubdaka Tukad Yeh Aya’ dari Bali dan Tari Kreasi Manuk Dadali dari Jawa Barat. (YCP)

 

 

Salam Permit Beijing – PPIT Cabang Beijing

www.permitbeijing.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *