Profil Ketua

Melvin Setiawan Suhanto atau yang akrab dipanggil Melvin, merupakan anak pertama dari 3 (tiga) bersaudara yang lahir di Jakarta pada tanggal 28 Januari 1997. Cowok alumni SMP Tarakanita Pluit dan SMAK 1 Penabur Jakarta ini, awalnya tidak menyangka bisa mendapatkan kesempatan belajar di Tiongkok, karena kemampuan Bahasa Mandarin-nya, baik itu dalam hal komunikasi sehari-hari, membaca, maupun menulis yang kurang baik. Tetapi beruntung, saat pertama kali belajar di Negeri Tirai Bambu ini, Ia bisa mendapatkan banyak teman yang tentunya saling mendukung satu sama lain. Akhirnya, berkat usaha dan kerja keras Melvin selama setahun belajar bahasa di BFSU (北京外国大学) pun dapat membuahkan hasil dengan meningkatnya kemampuan bahasa mandarin-nya.

Disamping bidang akademik, Melvin yang memiliki hobi olahraga futsal ini juga sangat aktif dalam berorganisasi. Ia sudah terjun ke dalam organisasi sejak duduk di bangku SMP, ketika sampai di Beijing pun, Ia juga sudah bertekad untuk bisa belajar berorganisasi di tingkat yang lebih tinggi lagi. Sebelum bergabung dengan PERMIT Beijing, Melvin sempat tergabung dalam organisasi di tingkat universitas dan diterima di Divisi Event. Pada tahun keduanya di Beijing, Ia mendaftarkan diri untuk bergabung di kepengurusan PERMIT Beijing periode 2016/2017. Hasilnya, Ia diterima di Divisi Olahraga dan setahun kemudian, Ia mencoba maju sebagai calon ketua dalam Pemilu (Pemilihan Umum) Ketua Umum PERMIT Beijing periode 2017/2018. Melalui hasil Pemilu Ketua Umum PERMIT Beijing untuk periode 2017/2018 yang bersifat terbuka di Kedutaan Besar Republik Indonesia Beijing (KBRI), Melvin resmi terpilih menjadi Ketua Umum PERMIT Beijing untuk periode 2017-2018.

Kerendahan hati yang dimiliki Melvin sebagai Ketua Umum PERMIT Beijing membuatnya sangat dekat dengan anggota lainnya dan orang sekitarnya. Menurutnya, kita sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Beijing harus bisa saling mengandalkan satu sama lain dan juga harus membawa nama baik negara kita di manapun kita berada, terutama di depan warga negara lain (WNA), agar bisa memberikan kesan yang baik mengenai Negara kita tercinta. Dalam hal pertemanan, ia berpendapat bahwa, berteman dengan teman-teman yang berbeda negara adalah hal yang baik, tetapi hal itu juga harus diimbangi dengan tetap bersosialisasi dengan teman satu negara (Indonesia), karena merekalah yang bisa memberikan bantuan terbesar ketika kita membutuhkan bantuan.

Terakhir, Melvin berpesan untuk teman-teman Sahabat PERMIT diharapkan untuk selalu ikut serta, turut aktif mendukung setiap kegiatan PERMIT, ataupun bisa memberi masukan, kritik saran yang membangun untuk Pengurus PERMIT. Dan pesan untuk Pengurus PERMIT, untuk selalu berusaha mengikuti perkembangan zaman (tentunya dalam hal yang positif) dan jangan lupa alasan dibentuknya PERMIT itu sendiri; Untuk mewadahi minat dan bakat teman-teman Indonesia di Beijing. Itulah fokus utama sebagai pengurus PERMIT. Bagi Melvin, PERMIT adalah keluarga di Beijing, dimana bisa saling menjaga satu dengan yang lainnya, saling mendukung dan saling membantu disaat membutuhkan. Melvin pun berharap hal ini dapat tertanam di hati setiap pengurus PERMIT dan diharapkan PERMIT Beijing terus dapat beregenerasi dan dapat terus melanjutkan visi misi nya untuk seluruh pelajar dan mahasiswa di Beijing.