Promosi Indonesia Permit Gandeng Siswa SD di Tiongkok


Beijing – Kurang lebih 40 siswa Sekolah Dasar (SD) dan guru dari berbagai daerah di Tiongkok memenuhi ruangan aula serbaguna KBRI Beijing pada Sabtu, 30 Maret 2019 lalu. Mereka berbondong-bondong ke sana untuk menghadiri kegiatan promosi budaya Indonesia bertajuk ‘Cultural Exchange Day( 印尼文化交流)’ yang disajikan oleh teman-teman Perhimpunan Mahasiswa Indonesia Tiongkok di Beijing (PERMIT Beijing) dan berkerja sama dengan KBRI Beijing.

 

Dikutip dari buku Early Education Curriculum, A Child’s Connection to the World , oleh Hilda L. Jackman, Guru Besar Emeritus pada Brookhaven College (Cetakan Ke-2, Delmar, New York, 2001) dijelaskan bahwa periode tujuh sampai dua belas tahun adalah periode merekahnya rasa ingin tahu, dan aktif mencari hal-hal baru untuk bisa mereka lakukan, lihat dan jelajahi.

 

Untuk merealisasikan pernyataan di atas dan agar tujuan pengenalan budaya Indonesia ini dapat diserap secara maksimal oleh peserta yang mana rata-rata berkisar antara 7-10 tahun, Permit Beijing berinisiatif mengemas kegiatan pertukaran budaya ini dengan sistem bermain dan belajar.

 

“Acara kali ini adalah program kerja terbaru di kepengurusan Permit Beijing tahun ini” Ujar Felix Cahyadi, Ketua Acara Cultural Exchange Day 2019. “Dibentuknya acara ini itu untuk sarana pengenalan budaya Indonesia agar budaya kita semakin dikenal bahkan hingga anak-anak sekalipun.”

 

Kegiatan Cultural Exchange Day 2019 ini meliputi belajar bahasa Indonesia, tebak-tebakan tentang Indonesia, bermain permainan khas tujuh belasan (memasukkan pensil ke dalam botol), bermain angklung, hingga menganyam memakai kertas berhasil mengundang decak kagum para peserta.

 

Peserta bermain memasukkan pensil ke dalam botol

 

Belajar memainkan alat musik angklung

 

Menganyam Ikan bersama kakak-kakak Permit Beijing

 

Begitu juga dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Beijing, Yaya Sutaya, dirinya mengaku senang acara ini dapat terealisasikan dengan baik. Dalam sambutannya beliau juga menambahkan, “Selain promosi kebudayaan Indonesia, diharapakan melalui acara ini dapat memainkan peran positif dalam meningkatkan people to people contact dalam konteks hubungan Indonesia-Tiongkok kedepannya.”

 

Yaya Sutarya, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Beiing sedang memberikan sambutan

 

Salah satu peserta sedang menikmati hidangan snack tradisional khas Indonesia

 

Setelah rangkaian acara pengenalan budaya Indonesia selesai dan juga usai menikmati santapan kuliner snack khas Indonesia seperti dadar gulung telur, risoles, gorengan dll. Puncak acara ini pun ditutup dengan flashmob Tari Kreasi Maumere yang dipimpin oleh Fransisca dan Marcella Angela selaku perwakilan teman-teman Permit Beiiing. (YCP)

 

Pengurus Permit Beijing berfoto setelah selesai acara

 

 

 

Salam Permit Beijing- PPIT Cabang Beijing

www.permitbeijing.com

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *