(SEVEN) Best Must Try Halal Restaurants in Beijing


Presiden Joko Widodo berkunjung ke Masjid Niujie pada bulan Mei 2017 lalu sebagai bukti hubungan muslim Indonesia dengan Tiongkok dekat, source : detiknews.com

Hubungan Tiongkok dan islam itu dekat. Sedekat hubungan Tiongkok dengan muslim Indonesia. Sedekat ungkapan ‘Tuntulah ilmu sampai ke negeri China’ dan bila dilihat dari sejarah tentang sebuah teori yang dikemukakan oleh Emanuel Gadinho Eredia bahwa teori islam didatangkan dari Tiongkok ke Asia Tenggara.

Tiongkok adalah negara yang berideologi komunis, yang artinya masyarakat tidak boleh menunjukan kegiatan keagamaannya dalam ruang publik. Tapi, faktanya sangatlah mudah mencari jati diri islam di sini.

Beijing, adalah kota yang terbuka untuk umat muslim. 70 lebih masjid bertebaran di kota ini dan banyaknya tempat makan halal yang cukup mudah ditemukan bahkan hampir disetiap universitas memiliki kantin muslim.

Fakta inilah yang menjadikan kota ini sebagai salah satu tujuan favorit muslim traveller untuk merasakan sensasi islam di Tiongkok.

So, bagi kalian yang akan melancong ke Beijing di winter kali ini, tentunya hal pertama yang membuat pelancong muslim bingung adalah menentukan makan dan tempat makan ini halal atau tidak. Cara paling mudah adalah dengan melihat adakah tulisan ini 清真 (qingzhen) yang berarti halal di makanan atau tempat makan kalian.

 

source : baidu.com/qingzhen

Jangan galau, jangan risau! Karena team permiters telah merangkum beberapa tempat makan halal  yang wajib dicoba saat berkunjung ke Beijing. Let’s get to the list!

1. Indonesia Cuisine, Nom-Nom Beijing

 

Bagi kalian yang enggak bisa jauh dari masakan cita rasa dapur Indonesia, Nom Nom Beijing adalah rekomendasi pertama yang harus kalian kunjungi. Restoran yang berada di Qinghua East Road, No 11, Haidian, Beijing atau dekat dengan stasiun subway Liudaokou ini menyediakan beraneka ragam masakan Indonesia seperti ; rendang, ayam geprak, tempe goreng, ketoprak, opor ayam, gulai ayam, soto ayam dll. Harga yang ditawarkan juga bermacam-macam, yang pasti tidak terlalu pricey jadi cocok sekali untuk kantong pelajar. Kabar baik untuk kalian, mulai 25 November 2017 Nom Nom Beijing mulai melayani pesan antar melalui aplikasi meituan!!!!

 

          2. Donglaishun Muslim Restaurant (东来顺)

Berdiri sejak 1903, restoran hot pot halal ini telah mengarungi bisnis kuliner lebih dari seratus tahun dan restoran ini tetap setia untuk menggunakan pot tembaga di atas arang. Layanan ramah serta daging kambing yang lezat menjadikan restoran hot pot ini paling populer dan legend di Beijing.

1) Buka setiap hari 6.30am-9.30am, 11am-9pm; 12 Xinyuanxili Zhongjie, Chaoyang District, Chaoyang District. (6467 3707/6460 0671); 1) 朝阳区新源西里中街12号

2) Buka setiap hari 11am-10pm. ; 5/F, APM Mall, 138 Wangfujing Dajie, Dongcheng District. (6528 0932) 东来顺,  东城区王府井大街138号新东安大厦5楼

 

 3. Jubao Yuan  (聚宝源)

source : ctrip

 

Siapa yang tidak tahu   Jubao Yuan?

 

Restoran yang terletak di sekitar masjid Niujie, masjid tertua di Beijing tepatnya di jalan 5-2 Commercial Building 1, Niujie Xili, Xuanwu District. 聚宝源, 宣武区牛街西里商业楼15-2

membuat namanya semakin terkenal oleh penggila makanan halal. Hotpot kaya cita rasa rempah-rempah dan berbagai macam olahan daging kambing adalah salah satu daya tarik dari restoran ini yang wajib untuk dicoba,

 

tidak mengherankan jika kalian harus siap mengantri hanya untuk mendapatkan semangkuk hotpot. Restoran inii buka setiap hari dari jam 11 pagi hingga 10 malam.

4. Xinjiang Restaurant新疆饭庄

Lokasi :  Urumqi Beijing Office at 1 Beili, Chegongzhuang Dajie, Xicheng, Beijing(西城区车公庄大街北里1号乌鲁木齐驻京办) Tel: 68362795 Opening hours: Daily 9:00am-09:00pm

source : baidu.com

Xinjiang adalah salah satu daerah otonomi Tiongkok yang mayoritas penduduknya beragama islam. Walau daerah Xinjiang di sebelah barat Tiongkok didiami oleh banyak suku, namun suku terbesarnya adalah suku Uyghur, sehingga masakan Xinjiang sebagian besar merupakan masakan khas Uyghur.

Cita rasa masakan suku Uyghur hampir mirip dari masakan khas Turki dan Asia Tengah. Tentu masakan dengan khas rempah-rempah sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Rumah makan berlabel Xinjiang sangatlah mudah ditemui di berbagai kota di Tiongkok termaksud Beijing.

Jika kalian berkunjung ke restoran ini, masakan yang paling harus di coba adalah daging kambing barbeque dan homemade yogurt. Di musim liburan dan weekend tiba, pelanggan biasanya harus melakukan reservasi tempat terlebih dahulu agar tidak kehabisan tempat.

 

5. Hong Bin Lou Restaurant 鸿宾楼

source: chinahighlight

 

 

 

 

 

 

 

 

Restoran halal yang berada di Fuchengmen Chegongzhuang 阜成门车公庄 11 Zhanlanguan Lu Xicheng District 西城区, 展览馆11号(百万庄路口 ini telah berdiri sejak tahun 1853. Restoran ini menyediakan menu Beijing Roast Duck (Beijing kaoya) dengan cara penyembelihan menurut syariat islam. Buka setiap hari mulai pukul 11 pagi hingga 9 malam.

 

 

 

6. Khan Baba Restaurant (汗巴巴巴基斯坦餐厅)

source: tripadvisor

 

Bagi yang sudah bosan dengan masakan ala Tiongkok tetapi tetap ingin merasakan masakan Asia berbumbu rempah yang kuat, restoran Pakistan ini sangat cocok untuk anda. Restoran yang berada di Sanlitun Soho, Gedung no 2, Suite 511 Distrik Chaoyang ini menyediakan buffet lunch dengan harga mulai 38 kuai hingga 80 kuai per orang.

Sangat pas sekali untuk kalian yang ingin menghabiskan makan siang sepuasnya bersama teman atau keluarga. Tempat yang nyaman, harga yang tidak terlalu mahal dan makanan lezat yang langsung diolah oleh chef dari Pakistan membuat anda akan lupa sejenak tentang kesibukan kota Beijing. Buka setiap hari mulai 11 a.m – 3 p.m. lalu dilanjutkan buka kembali mulai pukul 6 p.m- 10:30 p.m.

 

 

7. 1001 Nights Restaurant 

 

source: tripadvisor

 

Ingin merasakan cita rasa Timur Tengah yang kental, restoran ini tepat sekali untuk kalian menghabiskan weekend dalam atmosfer Timur Tengah lengkap dengan penari belly dance dan kostum ala Aladin di cerita 1001 malam. Berada di Gongtrentiyuchang Beilu, North Chaoyang restoran ini juga menyediakan sisha beraneka ragam rasa.

Jadi itulah edisi SEVEN minggu ini. Restoran halal mana paling favorit menurut kalian? Sebenarnya tempat makan halal di Beijing itu banyak, mudah sekali untuk kalian menemukan di setiap sudut kota cantik ini. Sekian info dari kami, kalau kalian punya info tempat makan halal yang enak , boleh loh dishare dengan kami dan teman-teman lainnya di kolom komentar dibawah ini. Salam Permiters!

 

Salam PERMIT Beijing – PPIT Cabang Beijing.

www.permitbeijing.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *