Sejarah PERMIT

Dengan didasari atas keinginan para mahasiswa Indonesia untuk mempunyai sebuah wadah organisasi kemahasiswaan di Tiongkok, pada bulan Januari 2008 wakil-wakil dari organisasi kemahasiwaan di Beijing dan organisasi keagamaan di Beijing berkumpul untuk pertama kalinya guna membahas ide-ide pembentukan organisasi kemahasiswaan yg diinginkan.

Pada bulan Februari 2008 dari hasil pertemuan tersebut dibentuklah tim perumus yg berfungsi untuk merumuskan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, nama organisasi dan logo-logo dari organisasi tersebut. Pada bulan Mei 2008 setelah tim perumus mengadakan beberapa kali pertemuan, akhirnya tim perumus berhasil membentuk susunan AD/ART, nama dan logo organisasi. Tim perumus menyepakati nama organisasi yaitu Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Tiongkok yang disingkat menjadi PERMIT, dengan logo  burung garuda dengan latar belakang warna merah dan putih.

Pada Tgl 1 Juni 2008 bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila, PERMIT terbentuk secara resmi dengan dipilihnya ketua PERMIT Beijing yangg pertama, Saudara Gandhi Priambodho, mahasiswa program S2 China Contemporary Politic di Renmin University of China, dan dibentuk juga susunan pengurus PERMIT Beijing periode 2008-2009. Selanjutnya ditetapkan Tanggal 1 Juni sebagai hari lahirnya PERMIT.  Kepengurusan PERMIT Beijing berlaku selama setahun, dan setiap akhir bulan Juni, akan diadakan pemilihan umum ketua umum PERMIT Beijing untuk periode mendatang di KBRI Beijing. Adapun setiap kepengurusan PERMIT Beijing telah mendapatkan persetujuan dan dukungan dari berbagai organisasi masyarakat Indonesia di Beijing, termasuk dukungan dan restu dari KBRI Beijing.